pembinaan akhlak mutiara jawara

"tong jun yi ye hua shengdu shi nian shu"


"bisa semalaman saja berdiskusi dengan orang yang lebih ahli, manfaatnya jauh lebih banyak dari pada membaca buku sendiri selama 10 tahun"

Senin, 08 Juli 2013

ayam burma/ayam pama


mengenal ayam burma/birma/pama,jenis ayam adu yang memiliki ke khas-an pada pola tarung dan pukul nya,yang menjadikan nya banyak di minati para cockers mania sebagai salasatu jenis petarung kalangan atau untuk bahan silangan dengan jenis lain.
   adapun ayam pama ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu :-tempel pukul
 -pukul nyawat /timpuk,memukul tampa mematuk
 -jalunya rata rata difungsikan dengan bagus
 -rata rata banyak pukul nya/rajin mukul         




 negara gajah putih bagian tengah dan bagian utara sejak 20 tahun yang lalu telah mengembangkan ayam birma sebagai ayam aduan
mereka sudah mulai menyeleksi dan melatih,serta menyilangkan nya untuk menghasilkan badan yang lebih besar dari ayam birma original.
 ayam birma kadang sifat liar nya masih kuat,tidak begitu jinak,kadang ada yang kalo di adu ayam birma bunyi gegaokan teriak ngokok kenceng,antik juga nih ayam.
 untuk menghasilkan jagoan birma yang unggul diperlukan kiat kiat dan cara pemeliharaan yang agak berbeda dengan merawat ayam bangkok,karena sifat karakter ayam birma yang cenderung jenis ayam jalu.
 agar didapat hasil yang maximal baik untuk di ikutkan ke gelanggang PRO atau untuk di jual maka ayam birma harus ditangani oleh mas broyang punya pengalaman dan pengetahuan tentang karakter ayam adu yang cukup agar tidak salah penanganan dalam rawatan.


karakter ayam birma original yaitu:
-badan kecil berkisar 2-2,7kg,tulangan tipis,bulu lebat warna dominan jalak widobrintik kecoklatan,kakipadat bulat dan keras,jari kaki merit,warna kaki kebanyakan hijau biru hitam dan coklat,ada juga yang kuning 
  jenis dan macam ayam burma yang ada di indonesia yang belum di silang,dibedakan hanya dari poa teknik tarung nya di antaranya:
1.ayam burma gostan

gostan artinya atret/mundur,adapun cirinyapola tarung nya tidak mau nempel selalu mundur sambil nimpuk,untuk ciri fisik sama seperti birma ori

2.ayam burma/pama rambong


rambong artinya joget/menari karena pola tarung jenis ini kepala nya goyang ke kanan dan ke kiri lalu mukul seperti jogetdan untuk ciri fisik sama dengan birma ori

3.birma mabin


mabin artinya kuda lompat,ciri fisik sama dengan jenis yang lain hanya pola tarung nya yang lompat lompat sambil nyawat/timpuk

4.birma malow


malow artinya lari,gaya tarung nya lari muterin kalangan lalu balik nimpuk lari lagi ampe musuh nya bosen dan protes dengan walk out sambil teriak keok campur kesel

5.birma kradungtong


kradungtong artinya kancing emas,gaya tarung lebih agresif pukul ngincer mata paruh dan tenggorokan,rajin mukul mantep.

6.ayam birma drunken


drunken artinya mabuk,gaya tarumg nya keliatan gontai kaya mabuk,jenis ini dalam posisi jatuh masih bisa mukul kaya jakie chen aja,mantabs

6.birma tandam


tandam artinya mata katak gaya tarung perpaduan beberapa jenis birma yaitu atret dan menghindar kekanan dan ke kiri pukul nyawat /nimpuk ,ciri khusus matanya kaya mata kodok,agak belo keluar.

8.birma kaisar/king


hanya ciri khusus nya jengger kaya ayam pelung, tegak lebar dan gede weleh weleh......

 ayam birma secara personal sudah di masuk kan ke indo ama bos bos sudah cukup lama,hanya pada waktu itunamanya belum se populer sekarang.
 penulis sendiri pernah pake ayam birma, dulu belum tau kalo itu ayam birma,dapet dari sohib,ayamnya punya pukul gancang ,rajin nimpuk ,jalu super,sekitar tahun 95-an saya turunin tuh ayam di tarkam daerah kebayoran,dapet lawan jalu renteng,ayam ane kalah tinggi ,kalah pinggang,musuh pukul berat,rajin juga pukul nya,ayam baru di cul abar abar birma ke pukul celeng,begitu sembuh ngamuk abis tuh lawan nya ditancep jalu,ayam beradu pukul lawan gak kuat kehabisan cairan merah,nyerah gak sampe seairan,abis di jalu-in.
 ternyata ayam ane adalah jenis birma,sayang nya tuh ayam liar banget,ngerawatnya bikin naek darah, di hibah-in ke sohib TKA.
 tahun 2012 ngetren banget ayam birma,baru dah ketauan pantesan kalo bangkok timpuknye kalah banyak ama birma,seiring kemajuan teknologi kini mulai terbuka informasi yang di butuh kan,cockers mania  mulai mudah untuk mendapatkan ayam jenis ini.


 kombinasi timpuk pukul dengan jalu bikin enak nonton betotan birma,tapi mas bro juga harus milih milih soalnye sebagaimane jenis lain gak semua ayam birma berkualitas super,gampang nye gini,beli ayam ame siapapun orang nye kalo ente gak rawat lagi,latih lagi apapun ceritenye tu ayam ya balik cemen lagi,kite aje dulu kuat lari 100 m sprint,udeh lama kagak latihan,engap lagi dah napas kite..... sing mboten ...mboten.... wae...




dari berbagai sumber,images cock fighter birma milik didit gondang farm,thanks for all,keep tune

Tidak ada komentar:

Posting Komentar