pembinaan akhlak mutiara jawara

"tong jun yi ye hua shengdu shi nian shu"


"bisa semalaman saja berdiskusi dengan orang yang lebih ahli, manfaatnya jauh lebih banyak dari pada membaca buku sendiri selama 10 tahun"

Jumat, 19 Juli 2013

sudut pandang penghobi ayam tangkas


        tulisan mas bro Dian al akbar dari blog ayam jago keren

dosakah adu ayam?
dosakah adu(sabung) ayam ???


 menurut saya tergantung niatnya,bagaimana kalau kita niat nya murni hobi tampa berniat menyakiti karena ayam aduan itu yang di nikmati seni bertarungnya.
 banyak hal positif yang bisa di ambil dari seni ayam aduan.
dosakah ini? bukankah ayam aduan juga ciptaan tuhan?



 pendapat mas Ary,senioryang juga ketua PAPAJI (paguyuban penggemar ayam jago indonesia),  "Saya akan merasa berdosajika ayam petelor di aduin"




             "merasa berdosa jika ayam pedaging di aduin"



 "tapi juga merasa berdosa jika ayam aduan di jadikan ayam petelur atau pedaging"jawab pak Hendro humas PAPAJI.
 di Indonesia ada beberapa jenis populasi ayam yang sengaja di kembang biakkan dan di ambil manfaatnya oleh peternak,diantaranya ayam petelur,ayam potong/pedaging,ayam pelung,ayam ketawa ,ayam aduan,dll.

ayam pelung


 setiap jenis ayam tersebut memiliki kelebihan dan bakat tersendiri yang tidak di miliki oleh jenis ayam lainnya,contohnya ayam petelor bakat nya hanya bertelor,ayam potong/pedaging memiliki bakat tumbuh lebih cepat,selanjut nya di potong dan di ambil daging nya untuk di jual atau di konsumsi,ayam pelung di gemari karena suara kokok nya yang nyaring dan merdu,ayam ketawa jg di minati karena keunikan suara kokok nya yang mirip suara orang tertawa.

ayam ketawa




dan ayam aduan yang oleh penghobi di nikmati adalah keindadahan seni tarungnya yang unik.
 tampa di adupun 2 pejantan ayam aduan liar,bila bertemu akan bertarung hingga titik darah penghabisan,pertarungan liar tersebut seharus nya bisa di minimalisir oleh manusia khusus nya penghobi ayam aduan,dengan merawatnya,sehingga bakat alami yg di miliki ayam aduan dapat di optimalkan dan di arah kan dengan benar tampa ada unsur penyiksaan pada ayam aduan.





 pemahaman negatif masyarakat terhadap hobi ayam aduan terlanjur melekat,karena hobi ini identik dengan perjudian,dan tak jarang pula menimbulkan keributan antar pemain ayam yang meresahkan warga di sekitar arena sabung ayam.





mengenalkan kembali kepada masyarakat merupakan tugas bersama penghobi ayam aduan (PAPAJI) bahwa hobi ini bisa menarik ,bergengsi,dan edukatif tampa ada unsur perjudian yang berpotensi terjadinya kericuhan dan keributan,hobi ini merupakan warisan nenek moyang bangsa indonesia yang harus di lestarikan.
 berdosakah hobi ayam aduan(bukan hobi ngadu ayam) ?

salam hobi tampa judi
       Dian al akbar
---------------------------------------------------------------------------------
the admin says"tulisan diatas adalah pandangan dari mas Dian
                            al akbar,seorang penghobi ayam tangkas,bagi                               yang pro dan kontra,semua nya dikembalikan                               ke persepsi masing masing,lain ladang lain                                     belalang,peace for all"
---------------------------------------------------------------------------------




thanks for all,ayamjagokeren,dunialintasme,peternakayambalikpapan,pariwisatagarutkab,memeliharaayam
ayamaduanasia,images dari berbagai sumber ,thanks a lot,keep peace..................

4 komentar:

  1. Mantaf Ulasannya … semoga semakin sukses …
    Ganti hawa panas dan lembab rumah Anda dengan ‘Green Living’; temukan koleksi tanaman dan nikmati gaya hidup green living dengan menanam tanaman buah segar atau tanaman hias nan cantik lewat blog ini, http://djonlineshopping.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,thanks atas doa nya,semoga mr andriansyah bisnis nya makin sukses.......

      Hapus
  2. Kalau mau beli ayam the colonial di indonesia di mana pak? Kalau ada no telp yang bisa dihubungi pak. Email ke dokterveres@gmail.com. thanx

    BalasHapus
  3. tks Dr A M Veres kunjungan nya...

    BalasHapus